≡ Menu

Cara Memasukkan Video Ke Dalam Video Lain

Tutorial ini merupakan request dari Mas Landy. Setelah membaca tentang cara menggabungkan video dengan movie maker, Mas Landy bertanya demikian;

Nice info mas,
boleh bantu untuk bikin tutorial menggabungkan 2 video menjadi 1 frame, kurang lebih hasilnya seperti melihat 1 video bersamaan dengan 1 video lainnya. Contohnya seperti pada video di http://youtu.be/bb_ZA-dPqzE. Apakah bisa menggunakan windows movie maker?. Atau ada rekomen aplikasi lain?
thanks

Cara Memasukkan Video Ke Dalam Video Lain

Jawabnnya adalah; tidak bisa menggunakan movie maker. Saya menemukan dua software yang bisa digunakan. Pertama, Sony Vegas. Yang kedua, iMovie. Namun sayang, untuk iMovie ternyata khusus digunakan untuk MAC OS, bukan OS Windows. Sebenarnya ada iMovie untuk Windows, namanya Movavi, tapi setelah saya coba ternyata tidak bisa melakukan pekerjaan seperti iMovie versi MAC OS, ataupun Sony Vegas. Jadi, saya sarankan buat Mas Landy pakai Sony Vegas saja, berikut langkah-langkahnya;

  1. buka Sony Vegas versi 7 atau versi terbaru
  2. klik tab Project MediaImport Media. Pada kotak dialog yang ditampilkan, pilih dua video kemudian klik Open. Maka akan muncul dua video dalam project media tersebut.
  3. Setelah itu, drag video 1 ke timeline dan video 2 diletakkan persis dibawah video 1. Masing-masing dari video tersebut ada audio yang terletak dibawahnya persis. Jadi jumlahnya ada empat baris.
  4. klik tab Video Preview
  5. kemudian klik Even Pan/ Crop di video yang pertama, pada kotak dialog yang ditampilan ada semacam huruf ‘F’ dengan ukuran besar. Nah, tarik huruf tersebut ke luar, jangan lupa sambil sambil tekan dan tahan Shift. Setelah itu, geser ke kanan, kiri, atas atau bawah untuk menempatkan posisi video sesuai kebutuhan. Dengan cara ini, maka akan ada tampilan video kecil yang terdapat pada video lain (video 2). Ini akan terlihat di video preview.
  6. klik kanan pada audio dari video yang pertama (tepatnya baris kedua pada timeline), lalu pilih groupremove from – tekan tombol delete. Tujuanya adalah, agar tidak ada dua audio dalam satu frame video.
  7. yang terakhir, klik FileRender As, pada kotak dialog yang ditampilkan, kasih nama pada form File name. Pilih format video pada Save as type, misalnya Avi, MPG, MP4, WMA, WMV dan lain sebagainya. Lalu tunggu prosesnya.

Supaya lebih mudah dalam memahami cara memasukan video ke dalam video lainnya, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.