≡ Menu

Cara Membuat Desain Kartu Nama Keren di Corel Draw

Setelah kamu tahu tips membuat kartu nama, sekarang saatnya tuangkan ide kreatif kamu ke lembar corel draw.

Contoh desain kartu nama seperti terlihat pada gambar di atas merupakan jenis kartu nama untuk perusahaan, namun tidak ada salahnya itu digunakan sebagai kartu nama personal. Karena memang tidak ada aturan baku dalam pembuatan desain kartu nama.

Cara Membuat Desain Kartu Nama Keren di Corel Draw

Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan corel draw 11 – X6, namun sebelumnya lihat penjelasan gambar di bawah ini untuk mempermudah langkah-langkah pembuatannya.

  1. klik rectangle tool untuk buat kotak persegi panjang dengan ukuran 85×55 mm
  2. buat sebuah objek melengkung seperti busur, caranya; buatlah garis lurus dengan bezier tool terlebih dahulu – lalu gunakan shape tool untuk melengkungkan garis tersebut.
  3. besarkan garis lengkung dengan nilai 8 point
  4. tekan Ctrl + Shift + Q untuk merubah objek garis menjadi fill
  5. dengan shape tool, klik objek lengkungnya, kalau ada titik kecil di bagian lengkungnya hapus saja dengan tekan Delete.
  6. masih dengan shape tool, kecilkan ujung bagian bawah
  7. dengan fill dialog tool, ubah warna objek lengkung menjadi kuning atau isikan C:10, M:1, Y:92 lalu klik Ok
  8. Tarik ujung kanan bagian bawah, tahan klik kiri baru klik kanan untuk menduplikat objek lengkung
  9. objek yang kedua (objek hasil duplikat dari yang pertama) ini diberi warna yang berbeda. Caranya sama seperti No 12, hanya saja untuk C:60, M:20, Y & K di isi anga nol.
  10. dengan shape tool, objek yang kedua bagian bawah digeser ke atas tepat berada di bawah objek lengkung yang pertama. Yang bagian atas digeser ke sebeleh kiri supaya tepat berada di samping objek yang pertama.
  11. lakukan cara yang sama seperti langkah no. 14 – 17 sehingga objek lengkung menjadi 6. Hanya saja setiap objek lengkung warnanya semakin tua dengan selisih 10 pada bagian warna C-nya. Untuk warna M-nya biarkan tetap 20.
  12. setelah selesai, satukan objek lengkung menjadi satu bagian yang di group, caranya, klik objek lengkung yang pertama sampai yang ke 6, jangan lupa sambil tahan tombol shift dimulai saat klik objek ke dua. Kemudian tekan Ctrl +G.
  13. kemudian klik objek lengkung tersebut – lalu effectpower clipplace inside container – lalu klik pada area kotaknya.
  14. untuk edit power clip (untuk menggeser objek lengkung ke bagian kanan dan ke bawah), tekan klik kanan – edit content – geser objek lengkungnya – pilih finis editing this level.
  15. Selanjutnya, pada area kotak berwarna putih, kamu gunakan text tool atau tekan F8 untuk membuat tulisan dari nama perusahaan, alamat, telp, website dan lain sebagainya.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang tutorial tentang cara membuat desain kartu nama ini, sebaiknya lihat video tutorialnya di atas dengan seksama..

Comments on this entry are closed.

  • berarti harus punya program coreldraw dan bisa mengoperasikan nya ya mas apabila kita ingin bikin kartu nama dengan tutorial ini. Bisa dicoba mas tutorialnya 😉

    • aries

      Ya betul, silakan dicoba. ga sulit ko mbak, apalagi hampir seluruh tutorial di blog ini dilengkapi dengan panduan video.

  • Guru

    mantap tutorialnya, #Lanjut

  • Penggunaan warna dan jenis font sangat mempengaruhi kualitas sebuah kartu nama. Terima kasih tutorialnya.

  • What’s up Dear, are you really visiting this web site
    daily, if so after that you will without doubt take nice experience.

  • Rosdiana

    thanks tutorialnya kak,,,, 🙂

    dan saya ingin mencoba nya

    • Aris Ahmad

      Ok, silahkan..

  • toko jam murah

    nice tutorial gan, kebetulan saya sedang belajar desain terutama di corel draw