Cara Mengatasi Invalid IMEI Xiaomi MTK

by aries on January 11, 2018

Sebagaimana kita ketahui, ketika IMEI pada smartphone Android tidak ada (invalid IMIE) secara otomatis HP tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan telp atau SMS juga internetan dengan paket data.

Namun, tahukan kamu khusus untuk HP Xiaomi, selain hal di atas yang sudah saya sebutkan ada satu masalah lagi yang mungkin jarang diketahui. Penasran kan, hayo ngaku saja..?

HP Xiaomi yang mengalami masalah Invalid IMEI (baik Xiaomi MTK, Qualcomm) tidak akan bisa login dengan akun mi meskipun dengan jaringan internet via WIFI. Nah hal inilah yang harus diperhatikan, karena sering sekali saya dapat pertanyaan dari rekan-rekan setelah menggunakan file bypass akun micloud clean menjadi tidak bisa login. Ternyata masalahnya bukan pada file bypass kami, tapi HP-nya yang sebelumnya sudah bermasalah terkait IMEI. File bypass micloud clean itu sama sekali tidak mempengarhui terhadap IMEI.

Untuk mengatasi masalah IMEI Xiaomi, yang akan kami bahas di sini adalah Xiaomi MTK (bukan Qualcomm) sebagi contoh adalah Redmi Note 3 MTK dengan product name Hennessy. Berikut langkah-langkahnya;

Tool dan file

  1. Download file ADBD (Datasbase file) Redmi Note 3 MTK atau untuk file ADBD Xiaomi lain di official web-nya di http://en.miui.com/a-234.html. Download yang fastboot rom ya, di dalam fastboot folder image ada file ADBD yang dibutuhkan untuk repair invalid IMEI.
  2. Cara Mengatasi Invalid IMEI Xiaomi MTK
  3. Download SN Write Tool dari http://bit.ly/2DkdPmo. Ini adalah tool untuk repair atau mengatasi masalah Invalid IMEI
  4. Download MTK driver dari http://bit.ly/2FqHXNf, lalu install. Sesuaikan dengan Windows yang kamu pakai.

Mengatasi Invalid IMEI Xiaomi MTK

  1. Catat dulu IMEI yang ada dosbuk HP atau di balik baterai, bisa diketik di notepad
  2. Jalankan program SN Write Tool, Pilih ComPort: USB VCOM, dan Target Type: Smart Phone
  3. Klik System Config, Centang IMEI. Pada IMEI option, klik Dual IMEI dan atau sekalian klik Dual IMEI Same jika HP memiliki IMEI yang sama antara SIM 1 dan SIM 2.
  4. Pada bagian DataBase File, masukkan file ADBD yang sudah didowmload atau yang ada di folder Image dari fastboot ROM Xiaomi, lalu klik Save.
  5. Klik tombol Strat, dan masukkan IMEI yang sudah kita catat di notepad tadi kemudian klik Ok.
  6. Xiaomi Redmi Note 3 MTK dalam keadaan mati sambil tekan dan tahan tombol volume bawah, konek ke PC dengan kabel USB.
  7. Tunggu prosesnya hingga muncul notifikasi PASS. Ini mengartikan bahwa proses repair IMEI telah selesai dan sukses. Silahkan restart HP dan cek IMEI.

Untuk mempermudah tentang cara mengatasi Invalid IMEI Xiaomi MTK, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan:

Tutorial ini hanya untuk HP Xiaomi MTK yang baseband-nya masih ada (versi pitas basis ada, bukan tidak diketahui atau istilahnya baseband unknown)

lexipotlot July 26, 2018 at 1:42 am

ijin sedot gan,passwrd apa nh gan

aries July 26, 2018 at 10:14 pm

Gak dipassword gan

Comments on this entry are closed.