≡ Menu

Cara mengatasi windows cannot be installed to this disk

Setelah saya berhasil update bios Asus X200MA untuk install Windows 7, ditengah proses intalasi menemukan kendala yang menyebabkan install windows 7 tidak bisa dilanjutkan. Pesan eror yang muncul adalah sebagai berikut;

Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style.

Sekilas saya berfikir hardisk laptop Asus tersebut tidak terdeteksi, karena rusak atau mungkin hal lain. Setelah saya berfikir lebih dalam, kemungkinan pertama (hardisk rusak) sangat kecil mengingat Notebook Asus X200MA terhitung masih baru, karena dibeli dua bulan yang lalu. Memang sih, hal ini tidak menjamin 100 persen. Tapi setidaknya 80 persen hardisk normal bisa dijadikan patokan. Dan meneliti ulang pesan eror di atas bukan merupakan pesan eror dari kerusakan hardisk, namun masalah partisi yang menyebabkan windows 7 tidak bisa di intall.

Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style

Setelah itu, saya putuskan untuk melihat bios dari Notebook Asus X200MA, dan ternyata disana hardisk juga terbaca. Jadi hal ini semakin menguatkan bahwa kemungkinan rusak pada hardiks tersebut sangat kecil. Hanya saja, saya sedikit bingung kenapa muncul peringatan seperti diatas, padalah konfigurasi bios sudah benar.

Setelah saya mencari beberapa referensi, akhirnya ketemu juga untuk mengatasi permasalahan ‘Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style’. Berikut langkah-langkahnya;

  1. pastikan data penting yang ada di harddisk sudah di backup sebelumnya.
  2. setelah muncul peringatan seperti diatas, restart notebook dan ulangi proses install windows 7 seperti biasa.
  3. saat muncul kotak dialog install windows, jangan langsung diklik install now. Namun tekan Shift+F10 pada keybord.
  4. pada kotak dialog yang ditampilkan, ketikkan diskpart lalu tekan enter. Tunggu prosesnya, setelah itu ketikkan select disk 0 lalu tekan enter. Ketikkan lagi clean lalu tekan enter.
  5. setelah selesai, dijamin pesan eror tersebut tidak akan muncul dan install windows 7 bisa dilanjutkan. Selengkapnya, kamu bisa baca pada tutorial cara install windows 7 lengkap dengan panduan gambar plus video.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara mengatasi pesan eror ‘Windows cannot be installed to this disk’ sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.

  • aslan akuba

    terimah kasih banyak nih gan,,,,
    tutorialnya bermanfaat sekali buat saya,,,
    terimah kasih banyak!

  • Supri

    maaf min klau data2 dihardisk itu kereset/kehapus Ga ya ketika udah di clean?

    • Aris Ahmad

      Secara otomatis data di hardisk akan kehapus gan…
      Jadi, pastikan di backup dulu ya..!!

  • edys

    mas kalo mengembalikan data yg halang gmana ya

    • Aris Ahmad

      bisa pakai program recovery, banyak aplikasinya. diantaranya my recovery file, disk drill, glary undelete dan lain-lain. thanks..

  • edys

    tolong mas saya bingung banget data saya hilang semuanya,,,,, gimana cara mengembalikannya

    • Aris Ahmad

      di recovery dengan software recovery my file

  • ahmad

    mksh byk gan info nya

  • irman

    Nuhun gan

  • adi

    makasih atas masukannya bro….

  • Gomuno

    Saya sudah terlanjur mem-format partici C. Dan apabila menggunakan cara diatas, otomatis data saya akan hilang semua. Apakaha ada cari yang lain mas ?

    • Aris Ahmad

      Buka penutup HDD yang ada di bagian bawah, lepas HDD-nya lalu backup data atau file penting. Kalau yang C sudah terlanjur di format otomatis data sudah hilang. Jadi selamatkan data untuk yang D, E, dst. Karena tutorial di atas akan menghapus semua partisi HDD.

  • yendra

    thanks gan bermanfaat 🙂

  • titin

    terimakasih banyak sensei.. dari semua blog yang saya baca cuma ini yang gak menyesatkan. infonya rinci sekali pas buat newbie.. sekali lagi terimakasih sekali

    • aries

      sama-sama gan..