≡ Menu

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 5A Stuck Recovery

Kalau kita bicara masalah stuck recovery xiaomi, pasti sudah kebayang dibenak kita bahwa itu terjadi pada Xiaomi yang bergaransi distributor, bukan Xiaomi yang garansi resmi atau garansi TAM dan juga bukan Xiaomi garansi distributor yang global version.

Xiaomi garansi distributor global version ini memiliki ciri yang sama seperti yang garansi tam, hanya saja di sana made in-nya adalah made in china. Sebagai contoh adalah Redmi 5A Riva model MCG3B made in China bukan yang made in Indonesia (kalau ini jelas tam atau garansi resmi).

Xiaomi garansi distributor global version ini jelas tidak akan mungkin terjadi stuck recover dengan notif “this MIUI version can’t be installed on this device”. Kalau seandainya terjadi stuck recovery pasti bukan masalah MIUI versinya yang tidak compatible, tapi adalah masalah lain, bisa saja di hardware atau softwarenya. Jadi, langkah awal silahkan full flash dengan global atau china rom.

Untuk mengatasi masalah stuck recovery redmi 5a riva sebenarnya cukup mudah sekali, kita tinggal download file rom cina dan lakukan flashing maka semua masalah selesai. Namun sayang, tidak semua user mau menggunakan rom cina dengan berbagai alasan. Salah satu alasan yang sering dikatakan mereka adalah;

  1. Tidak ada bahasa Indonesia
  2. Tidak ada Google PlayStore

Kedua alasan inilah yang dominan, sehingga mereka menolak untuk menggunakan rom china. Untuk menggunakan ROM Global syarat utama sudah UBL. Kalau belum UBL (unlock bootloader), maka akan terjadi stuck recovery saat kita paksakan menggunakan rom global official (flash rom global).

Ada satu solusi dan biasanya inilah yang mereka pilih, yakni rom global custom fix stuck recovery redmi 5a riva. Dengan rom ini maka sudah include bahasa Indonesia dan juga ada goole playstore. Namun rom ini tidak akan mendapatkan update karena ada embel-embel “custom”.

Untuk mengatasi stuck recovery redmi 5a riva kita tingal flashing global rom custom tersebut via EDL 9008 dan semua masalah akan selesai, terkiat cara flashing-nya sudah kami jelaskan di video tutorial berikut ini;

Sedangkan bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan flashing via EDL 9008 adalah sebagai berikut;

  1. Sudah install driver qualcomm di Windows 7 atau Windows 10. Silahkan perhatikan Windows yang agan pakai.
  2. Install miflash 2017, link download bisa akan temukan di website sini
  3. Download file Redmi 5A Global Fix Stuck Recovery dari http://bit.ly/rivaFIXstuck [file not free, kontak kami via WhatsApss di 08562939700]
  4. Terkait dengan cara bongkar casing untuk test point agar bisa masuk EDL 9008 sudah kami jelaskan di tutorial cara masuk EDL 9008 Redmi 5A Riva

File kami in tested untuk Redmi 5A riva yang 2/16, jika digunakan di Riva RAM 3/32 maka akan terbaca jadi 3/16 (memory internal berkurang 50%).