Cara Mudah Membuat Bootable USB Windows

by aries on November 6, 2013

Cara paling mudah membuat bootable USB flash disk adalah menggunakan rufus, mengapa saya katakan demikian..? Karena dengan rufus, kamu bisa membuat bootable USB flashdisk untuk Windows XP, Windows 7,  Windows 8, dan OS Linux. Dibandingkan dengan software lain, rufus lebih unggul, baik dalam segi kecepatan proses pembuatannya, ukuran filenya yang sangat kecil (hanya 459 kb), dan software ini tidak perlu diinstal (portable), satu lagi, software ini gratis lho.

Cara Mudah Membuat Bootable USB Windows

Memang, khusus untuk membuat bootable USB flashdisk Windows 7 kamu bisa menggunakan Win 7 USB DVD Tool, dan ini juga termasuk software yang cukup mudah digunakan, tapi tetap saja masih lebih mudah menggunakan rufus. Berikut langkah-langkah cara membuat USB bootable dengan rufus.

  1. Download softwarenya disini
  2. Tancakan USB flashdisk minimal 2 gb untuk Window XP dan 4 gb untuk windows 7 atau 8.
  3. File ISO dari OS Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan atau Linux. Jika belum punya file ISO, kamu bisa membuat sendiri dengan power iso atau dengan ashampoo.
  4. Buka rufus, pada dialog yang ditampilkan, tepatnya pada Device secara otomatis akan terdeteksi USB flashdisk yang sudah kamu tancapkan ke komputer.
  5. Pada Partition scheme, pilih MBR partition scheme for BIOS or UEFI computers.
  6. Pada File system pilih NTFS, pada Cluster size pilih Default.
  7. Pilih file iso dari OS tersebut dengan klik ikon berupa cd. Tunggu proses scanning file isonya.
  8. Pada New volume label, kamu bisa memberikan nama apapun yang kamu kehendaki dari bootable USB flashdisk tersebut. Lihat keterangan gambar di bawah ini;
  9. Setelah itu klik Start, pada kotak dialog selanjutnya klik Ok dan tunggu proses pembuatnnya selesai, kurang lebih hanya 5 menit. Proses selesai jika sudah terdapat tulisan ‘DONE’ di sudut kiri bagian bawah.

Dengan rufus ini, saya telah melakukan uci coba untuk Windows Xp dan Windows 7, dan hasilnya….. SUKSES (bisa digunakan untuk install Windows 7 atau install Windows XP).

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat Bootable USB Windows, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama..