≡ Menu

Cara ROOT & Instal CWM Smartfren Andromax C3

Seperti biasa, jika ada orderan untuk meROOT Android, saya langsung menggunakan metode root android dengan KingRoot. Namun, setelah saya coba ternyata Smartfren Andromax C3 yang saya root dengan KingoRoot tersebut gagal. Untuk itu, saya coba cari referensi mengenai root Andromax C3, ternyata cukup ribet. Kendati demikian, Smartfren Andromax C3 telah berhasil saya root. Mau tahu caranya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara ROOT & Instal CWM Smartfren Andromax C3, lengkap dengan panduan berupa tutorial videonya

A. Aktifkan USB Debugging

  1. Untuk mengaktifkan USB debugging Smartfren Andromax C3, kamu harus download dulu Maxi3 Debugging USB Password Apk dari situs http://bit.ly/1VSjR0Z . Aplikasi ini dibutuhkan untuk mengetahui password USB debugging-nya.
  2. Setelah aplikasi diinstal, buka aplikasi terebut lalu ketuk calculate password.
  3. Ketuk dan tahan pada password yang ditampilkan, maka secara otomatis password tersebut akan ter-copy.
  4. Kemudian pilih pengaturantentang telepon – ketuk berkali-kali pada nomor bentukan, secara otomatis opsi pengembang akan muncul. Pada opsi pengembang, centang USB debugging dan paste password-nya di sana.

B. Install CWM di Smartfren Andromax C3

  1. Download dulu CWM recovery-nya dan adb fastboot mode yang sudah saya jadikan satu link di situs http://bit.ly/1IejnJ6. Lalu ektrak file tersebut dan taruh di drive C, misalnya.
  2. Masuk ke fastboot mode, caranya; matikan Smartfren Andromax C3, lalu tekan volume up & down + power secara bersamaan. Saat muncul logo Smartfren Andromax C3, sambungkan kabel USB ke komputer.
  3. sebelum masuk ke fastboot mode, pastikan driver Smartfren Andromax C3 sudah kamu install sebelumnya. Kecuali PC terhubung ke internet, maka driver akan didownload dan diinstall secara otomatis.
  4. klik kanan folder adb fastboot yang sudah di ekstrak tadi sambil tekan dan tahan shift kemudian pilih Open command windows here.
  5. ketikkan fastboot devices lalu tekan enter, jika install drivernya sukses. Maka device Smartfren Andromax C3 akan terbaca dengan ditandai munculnya kode device. [Lihat gambar di atas]
  6. ketik fastboot flash recovery cwm.img. lalu tekan enter. Jika sukses, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini
  7. Instal CWM di Smartfren Andromax C3

C. ROOT Smartfren Andromax C3

  1. Download dulu file supersu dari situs http://bit.ly/1hc3hJy dan taruh di SD-Card bagian luar saja untuk mempermudah instalasinya.
  2. setelah itu matikan Smartfren Andromax C3 kamu, lalu masuk ke mode CWM. Caranya;  tekan volume up + power secara bersamaan, saat muncul logo smartfren. Lepaskan kedua tombol tersebut.
  3. pilih install zip dengan menggunakan tombol volume up atau down lalu tekan tombol power. Pilih choose zip from /storage/sdcard0
  4. pilih file supersu.zip yang sudah kamu copy di SD-Card tadi.
  5. langkah terakhir, reboot device. Dengan demikian Smartfren Andromax C3 kamu sudah berhasil di root dan terinstal cwm

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara root dan install cwm di Smartfren Andromax C3 ini, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.