Firmware dan Cara Flash Lenovo A850i

by aries on December 17, 2017

Setelah cukup lama absen dalam membuat tutorial, pada kesempatan kali ini admin akan share tentang “Firmware dan Cara Flash Lenovo A850i”.

Perlu diketahui, Lenovo A850i berbeda dengan Lenovo A850 (tanpa i), jadi perhatikan jangan sampai salah file firmware yang bisa menyebabkan matot. Secara logika, perbedaan yang sangat mencolok antara keduanya adalah ada keterangan A850i (berupa stiker yang menempel di balik baterai). Kalau yang A850 (tanpa i) tidak ada keterangan demikian.

Namun jika agan ragu apakah HH yang mau diflash itu model A850i atau A850, sebaiknya backup dulu ROM aslinya buat jaga-jaga jika ternyata nanti kita salah file. Untuk backup agan bisa gunakan MTK droid, tutorial backup baca di sini.

Oke itu tadi sekilas perbedaan antara keduanya, langkah selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara Flash Lenovo A850i, berikut langkah-langkahnya;

Tool dan file

  1. Lenovo A850i merupakan smastphone dengan chipset MTK, jadi tool untuk melakukan flashing adalah SP Flash Tool yang bisa agan download di http://bit.ly/2dcnNHA
  2. Selain itu, agar Lenovo A850i bisa dideteksi oleh PC (agar proses flash bisa berjalan) kita juga butuh MTK driver yang bisa agan download dari http://bit.ly/1Ir9TdN lalu install
  3. Satu lagi yang kita butuhkan adalah ROM Lenovo A850i yang bisa agan download dari  [proses upload]

Cara Flash Lenovo A850i

  1. Buka SP Flash Tool, klik scatter loading dan masukkan file scatter yang ada di dalam folder ROM Lenovo A850i yang sudah kita ekstrak sebelumnya.
  2. Jangan centang preloader untuk jaga-jaga jika saja jenis preloader tidak sesuai dengan jenis EMMC-nya (bisa menyebabkan matot kalo dicentang dan ternyata tidak sesuai)
  3. Klik Options – Option… – Download – Centang USB Checksum dan Storage Checksum.
  4. Jika No. 3 diatas tidak dilakukan, akan menyebabkan eror Tool DL Image fail saat booting. Terkait hal ini pernah saya jelaskan dalam tutorial di sini.
  5. Langkah selanjutnya, Klik Download yang di SP Flash Tool
  6. Lenovo A850i dalam keadaan off, konek ke PC dengan kabel USB. Maka akan beberapa saat kemudian akan muncul warna merah dilanjut warna kuning (proses flash berjalan). Jika tidak coba ulangi lagi.
  7. Proses flash akan selesai setelah muncul Download oke di SP Flash Tool.

Untuk mempermudah tentang Firmware dan Cara Flash Lenovo A850i, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Comments on this entry are closed.