Mengatasi Blue Screen Pada Windows 7

by Siti Eka Kurniati on December 26, 2015

Walaupun sekarang sudah diluncurkan Windows 10 tapi kebanyakan pengguna masih menggunakan versi sebelumnya. Sebagian orang masih banyak menggunakan WIndows 7 dibandingkan Windows 8 karena menurut mereka Windows 8 lebih berat dan lebih cocok pada layar touch screen. Dari pengamatan saya sampai sekarang, Windows 7 lah yang masih dipakai oleh orang-orang disekitar saya.

Saat kamu menggunakan Windows 7 tentu saja tidak akan luput dari berbagai macam masalah. Salah satu masalah pada Windows 7 akan saya ulas pada artikel ini.

Masalah blue screen pada Windows 7 pernahkah terjadi pada Laptop / Komputer kamu?
Blue screen ini biasanya terjadi saat kamu sedang memakai sistem Windows kamu dan Laptop / Komputer kamu tiba-tiba menampakkan tampilan layar biru dan tulisan yang memenuhi layar kamu. Setelah itu Windows 7 kamu mati. Ada dua tipe blue screen yaitu yang pertama adalah saat Windows kamu masih bisa menyala setelah blue screen. Dan yang kedua, Windows kamu sudah tidak bisa menyala sama sekali. Namun pada kali ini saya akan ulas mengenai cara mengatasi Blue screen dan Windows 7 kamu masih bisa menyala setelah itu.

Dan cara mengatasi Blue screen pada Windows 7 adalah sebagai berikut :

1. System Restore.
Kamu gunakan pilihan ini jika Windows 7 kamu telah mengalami perubahan, contohnya kamu menginstal aplikasi yang baru atau merubah setelan apapun.
Klik Start kemuadian pada kotak pencarian ketik “System Restore” dan pilih pada hasil pencarian. Ikuti petunjuk, klik saja Next. Kemudian pilihlah untuk memulihkan pada tanggal dimana Windows kamu belum mengalami Blue Screen.

Klik Next seterusnya hingga Finish. Biasanya Windows kamu akan restart secara otomatis terlebih dahulu setelah kamu melaksanakan System Restore.

2. Action Center
Jka kamu tidak mengetahui permasalahan apa yang disebabkan oleh Blue Screen. Maka pilihlah Action Center. disini kamu akan dibantu untuk mengetahui apa masalah yang dihadapi oleh Windows kamu.
Klik Start > Control Panel > System Security > Review Computer Status > Maintenance
Kemudian akan muncul permasalahan pada Windows 7 kamu, tapi ingat sebagian permasalahan hanya dapat dilihat sebagai Administrator.

3. Windows Update
Sebagian permasalahan karena Windows 7 kamu sudah usang dan perlu di update. Maka lakukan langkah berikut.
Klik Start kemudian pada kotak pencarian ketik “Update” lalu pilih Windows 7 Update.
Jika Windows 7 telah tersedia update, maka download lah update yang terbaru.

    4. Update Driver
    Jika Laptop / Komputer kamu baru saja dipasangkan perangkat baru misal sound card, video card, atau sejenisnya secara tidak benar maka akan menyebabkan permasalahan Blue screen. Untuk solusinya ikuti petunjuk berikut:
    Klik Start > Control Panel > System & Security > System > Device Manager
    Pada opsi kategori hardware pilih pada nama perangkat yang baru saja kamu pasangkan. Dan pilihlah Update Driver.5. Safe Mode
    Lepaskan segala perangkat yang sedang terpasang pada komputer / laptop kamu misalnya DVD / CD, USB dan sebagainya. Kemudian ikuti instruksi sebagai berikut.
    Restart Laptop / komputer kamu, dan saat kondisi mati mulailah menekan tombol F8 pada keyboard. Kamu harus menekan tombol F8 pada keyboard sebelum Logo awal muncul. Kalau kamu berhasil maka akan muncul background gelap dengan beberapa tulisan putih.
    Sorot Safe Mode dan Enter. Setelah kamu masuk pada Safe Mode, akan tampak pada ujung tampilan layar bertuliskan Safe Mode. Dan Klik Start, pada kotak pencarian ketik Troubleshooting. Lalu pilihlah kendala yang dihadapi Windows kamu beserta instruksinya.

    6. Memori Error
    Memori Error bisa berdasarkan RAM atau Hard Disk kamu. Cobalah untuk mematikan Windows 7 kemudian lepas RAM atau Hard Disk kamu kemudian bersihkan. Apabila kamu tidak sanggup melepas dan memasang kembali RAM atau Hard Disk kamu dari Laptop / Komputer maka biarkanlah Service Center menanganinya.

    Demikian sedikit tips tentang cara mengatasi blue screen pada Windows kamu dan masih bisa menjalankan Windows 7 setelah blue screen. Pada kesempatan yang berikutnya saya akan berbagi tips cara mengatasi blue screen dan Windows kamu sudah tidak bisa menyala sama sekali.

Comments on this entry are closed.