Touchscreen gerak sendiri, bagaimana cara mengatasinya?

by aries on April 7, 2015

Beberapa hari yang lalu, saya ke services center Advan untuk mengaransikan tablet yang mengalami error pada bagian plugin charger (lubang untuk ngecas). Setelah beberapa hari, Alhamdulillah tablet sudah jadi dan siap untuk dioperasikan kembali. Namun setelah baterai low, saya coba colokin charger dan memang daya bisa masuk dengan bukti adanya indikator kaya logo PLN dibagian atas kanan. Namun sayang, touchscreen tiba-tiba beroperasi atau gerak sendiri tanpa bisa dikendalikan.

Touchscreen gerak sendiri, bagaimana cara mengatasinya?

Karena demikina, saya mencoba membawa kembali ke services center untuk menanyakan hal tersebut. Ternyata cukup senderhana, touchscreen gerak sendiri saat di cas itu disebabkan saya tidak memakai cas yang original (cas smartphone lain yang kebetulan sama colokannya). Setelah sampai rumah, saya coba dengan cas ori bawaan dari Advan dan ternyata benar (touchscreen kembali normal tanpa gerak sendiri seperti kemarin).

Nah pada hari ini saya menemukan permasalahan yang sama pada Samsung Galaxy S5 supercopy GT-I9008, yakni touchscreen beroperasi sendiri dan sulit dikontrol karena sering gerak-gerak sendiri. Kalau yang Samsung ini gerak terus, baik di cas ataupun tidak.

Pertama-tama, saya mencoba mengatasi hal ini dengan install aplikasi Nook Screen Calibrated yang berfungsi untuk mengatasi layar yang eror. Namun, usaha pertama ini gagal. Kemudian saya lanjutkan factory reset dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume atas. Setelah smartphone kembali ke pengaturan awal dari pabrik, touchscreen tetap saja gerak sendiri tanpa bisa dikendalikan.

Setelah itu, saya cari custom rom yang cocok buat Samsung GT-I9008 replika. CustomRom ada dan cocok untuk smartphone tersebut, namun sayang touchscreen tetap gerak-gerak sendiri.

Solusinya, saya download firmware Samsung GT-I9008 supercopy untuk saya gunakan flashing smartphone tersebut. Sebelum saya flash, untuk mengantisipasi jika ternyata firmware yang saya dapatkan tidak cocok, saya backup firmware aslinya dengan MTKDroidTool.

Upaya terakhir yang saya lakukan ialah flashing android dengan flashtool. Proses flashing smartphone android dengan Flashtool berjalan lancar dan berhasil, namun sayang permasalahan touchscreen gerak sendiri masih saja muncul. Berarti bisa dikatakan eror ini dikarenakan hardwarenya, entah touchscreennya ataupun yang lainnya.

Sebagai bukti bahwa hal ini benar-benar terjadi pada Samsung GT-I9008 milik saya, silahkan dilihat pada videonya berikut ini.

Kesimpulan

Touchscreen gerak sendiri bisa saja disebabkan dari sisi software meskipun saya belum pernah mengalaminya. Namun, tidak ada salahnya, mencoba mengganti dengan system Android yang baru atau dengan melakukan factory reset terlebih dahulu. Kalau dari sisi software jelas tidak masalah, berarti touchscreen gerak atau beroperasi sendiri disebabkan adanya hardware yang error. Besar kemungkinan antara LCD dan touchscreenya, jadi harus diganti dengan yang baru. Atau chargernya jika touchscreen gerak sendiri saat di cas saja.