≡ Menu

Update bios Asus X200MA untuk install Windows 7

Kemarin ada client yang meminta downgrade Windows 8 ke Windows 7 untuk notebook Asus X200M dengan alasan kurang familiar kalau pakai Windows 8.

Perlu diketahui Cara install windows 7 pada Notebook Asus X200M sedikit beda dengan notebook atau laptop pada umumnya. Meskipun pada setingan biosnya booting pertama sudah diarahkan ke flashdisk tapi tetap saja tidak berhasil. Kemudian saya coba dengan booting usb cd room, dan ini juga tidak berhasil.

Usut punya usut, ternyata bios dari Notebook Asus X200M harus diupdate sehingga muncul pilihan OS. Berikut langkah-langkah update bios untuk Notebook Asus X200M;

  1. buka situs http://support.asus.com/ServiceHome.aspx lalu pilih menu Download
  2. pada Model Name Search ketikkan X200 lalu klik Search.
  3. Langkah pertama Update bios Asus X200MA untuk install Windows 7
  4. pada hasil pencarian, pilih X200MA
  5. Pada kotak dialog yang ditampilkan pilih OS yang kamu inginkan.
  6. Langkah kedua Update bios Asus X200MA untuk install Windows 7
  7. lalu klik BIOS – Global.
  8. Langkah ketiga Update bios Asus X200MA untuk install Windows 7
  9. Hasil download yang berupa file zip exstrak ke flashdisk
  10. Setelah itu, colokkan charger dan flashdisk ke Notebook Asus X200M. tekan tombol power. Tekan tombol Delete berulang-ulang untuk masuk ke bios.
  11. Setelah masuk bios, pilih menu AdvancedStart Easy Flash – lalu tekan Enter.
  12. pilih file update (X200MAAS502) yang sudah kamu download dan ekstrak tadi lalu tekan enter.
  13. pada kotak dialog ‘Do you want to update BIOS’ tekan Yes dan tunggu prosesnya. Setelah selesai, notebook akan restart dengan sendirinya. Lalu cabut flashdisk yang pertama dan tancapkan USB Flashdisk Windows 7. Jika kamu belum punya, baca tutorial cara paling mudah membuat usb booting windows.
  14. Jangan lupa tekan delete berulang-ulang untuk masuk bios lagi. Pilih menu Advanced dan pilih OS Windows 7.
  15. kemudian boot pertama ganti dengan USB flashdik. Caranya; pilih menu Boot kemudian pada Boot Option Priority – Option #1 – ganti menjadi USB flashdik yang sudah kamu tancapkan tadi. Setelah itu tekan enter. Langkah-langkah selanjutnya sama seperti install Windows 7 di notebook lain. Selengkapnya bisa baca pada tutorial install Windows 7 lengkap dengan panduan video.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara update bios pada Notebook Asus X200M, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.