≡ Menu

Definisi & Arti Pentingnya Logo

Logo bisa diartikan sebagai identitas sebuah perusahaan, lembaga, atau apapun itu yang membutuhkan sebuah ikon agar lebih dekat dan lebih dikenal dengan ikon atau identitas tersebut tentang perusahaannya.

Dari pengamatan kacamata saya, bisa disimpulkan jenis logo terbagi menjadi tiga macam, yaitu logo yang mengambil inisial dari nama atau justru nama dari sebuah perusahaan tersebut langsung dijadikan logo. Biasanya logo jenis ini dikenal dengan istilah logo karakter. Jenis ini tentunya dibuat dengan huruf-huruf dari sebuah nama dengan didesain sedemikian rupa agar terlihat unik, menarik, artistik dan tidak terkesan hanya sebuah font saja.Yang kedua tidak mengambil nama inisial, biasa disebut dengan logo grafik atau simbol, nah inilah yang menurut saya lebih sulit untuk menciptakannya, bukan sulit untuk membuatnya atau menuangkan idenya di lembar kerja coreldraw, misalnya.

definisi logo

Logo grafik ini biasanya menyimpan sebuah makna dan arti yang lebih mendalam daripada jenis logo yang pertama. Meskipun keduanya sama-sama menyampaikan misi dan visi, karena logo itu ‘berbicara’. Supaya lebih mudah untuk memahami, kita ambil contoh logo dari perkumpulan ulama atau NU yang saya kategorikan jenis logo yang kedua.

Sebagaimana dikutip dari aswajanu.com, tali yang melingkari bumi mengartikan perlunya sebuah persatuan & kesatuan, bintang yang paling atas berarti Nabi Muhammad, empat bintang di kanan kiri berarti Khulafaur Rosyidin, sedangkan bintang empat yang ada dibawah berarti Madzahibul Arba’ah. Logo tersebut diciptakan oleh seoarang ulama sekaligus seniman bernama KH. Ridwan Abdulloh. Beliau membuat sketsa lambang atau logo NU setelah terinspirasi dari sebuah mimpi. Kalau anda bertanya, terus tulisan arabnya itu bagaimana?. Perlu diketahui, tulisan arab pada logo NU merupakan tambahan dari KH. Ridwan, artinya tidak termasuk mimpi yang dialami oleh beliau. Itulah sebabnya saya golongkan logo ini jenis logo yang kedua.

Yang ketiga adalah logo yang terdiri dari karakter dan grafik. Penjelasan logo NU tersebut juga tidak salah dikategorikan jenis logo yang ketiga, karena terdapat simbol dan font di dalamnya.

Melirik arti logo diatas jelas bahwa sebuah logo sangat penting karena menyimpan sebuah arti bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Itulah mengapa sebuah perusahaan besar berani mengeluarkan biaya cukup fantastis untuk memesan sebuah logo kepada seseorang yang professional di bidangnya.

Berangkat dari artikel tentang logo ini, saya akan mencoba bikin sebuah tutorial tentang cara membuat logo dengan coreldraw yang akan saya ulas pada sesi selanjutnya. Jadi, ikuti terus update dari alltutorial.net ya…!!!.

Comments on this entry are closed.